Kamis, 21 November 2013

Ringkasan Berita Sumsel 21 November 2013



1. 2014, Volume Sampah Kota Palembang 900 Ton Per Hari
2. Pelabuhan Penyeberangan TAA Siap Beroperasi
3. Harga Karet di OKU Mulai Bergairah


#1 - 2014, Volume Sampah Kota Palembang 900 Ton Per Hari

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Sekretaris Dinas Kebersihan Kota Palembang, Mahbuk memprediksi volume sampah dapat meningkat menjadi 900 ton per hari pada 2014. "Saat ini saja sampah yang terangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sebanyak 600 ton per hari. Bisa dipastikan akan naik lagi tahun depan," ujar Mahbuk, Rabu (20/11/2013).

Menurut dia setiap orang berpotensi akan menyumbang sampah 0,5 kg per hari. Sementara penduduk Palembang saat ini sudah sekitar 1,6 juta. Sedangkan tahun depan pertumbuhan penduduk juga akan ikut meningkat. Dari tingginya volume sampah yang terangkut, dia meminta agar masyarakat mulai dapat memilah sampah. Misalnya dengan memisahkan sampah terurai dan tidak dapat terurai.

#2 - Pelabuhan Penyeberangan TAA Siap Beroperasi

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Setelah sekian lama ditunggu masyarakat Sumatera Selatan, kini Pelabuhan Tanjung Api Api (TAA) yang terletak di Desa Muara Sungsang Kabupaten Banyuasin siap beroperasi. Rencananya pembukaan akan dilakukan bertepatan dengan pukul 10.00, Selasa (11/12) tahun 2013.

Kepala Pos Pelabuhan Sudin Said Saputra mengatakan, TAA telah siap dan peresmian pelabuhan akan dibuka Dirjen Perhubungan dan Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Rabu (20/11/2013).

Bentuk fisik pelabuhan baru ada satu dermaga feri yang telah siap beroperasi. Begitu juga dengan gedung pelabuhan yang dibangun dua lantai dan menyediakan berbagai ruangan untuk kenyamanan para penumpang. Ruangan tersebut terdiri dari ruangan pembelian tiket di bagian kiri, ruang kesehatan, ruang tunggu di lantai atas dan bawah, kamar kecil, musala, ruang operator dan asrama bagi pegawai Dishub.

Sudin Said Saputra selaku kepala pelabuhan mengatakan, sarana transportasi menuju TAA seperti jalan yang masih rusak sepanjang 15 Km akan diprioritaskan karena perintah Gubernur Sumsel jalan harus mulus. Selain itu pihak dishub akan memberikan playanan transportasi melalui CV Trans Sriwijaya yang menyediakan bus Damri AC maupun non AC serta mobil travel Innova dengan tarif yang tidak memberatkan masyarakat.

Menurutnya, masyarakat tidak perlu khawatir karena dishub akan menerapkan tidak ada calo dan preman yang berkeliaran di kawasan TAA. Bagi yang membawa barang banyak tidak perlu khawatir karena pihakanya telah menyediakan orang untuk membantu membawa barang tersebut dengan tarif yang murah.

Sudin menambahkan, tahap awal pihaknya akan melayani penyeberangan Palembang-Tanjung Galian (Bangka). Penyeberangan melalui Pelabuhan TAA ini lebih cepat dan efisien baik ke Pelabuhan Merak, Malaysia serta Singapura karena kapal dapat memacu kecepatan maksimal.

#3 - Harga Karet di OKU Mulai Bergairah

SRIPOKU.COM, BATURAJA - Sejak sebulan terakhir harga karet di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, mulai bergairah dengan kisaran harga Rp 11.700 hingga Rp 11.900 per kg untuk kualitas bagus. Kondisi ini jauh lebih baik dibandingkan beberapa bulan sebelumnya yang masih di kisaran Rp 7.000 hingga Rp 8.000.

0 komentar:

Posting Komentar