Jumat, 08 November 2013

Mau usaha tanpa modal uang yang cukup?


* Dari milis Pengusaha Muslim

from: Nursyamsu Mahyuddin <nusagri@ymail.com> via yahoogroups.com
reply-to: pengusaha-muslim@yahoogroups.com
Assalamu'alaikum,
Saya hanya sharing berdasarkan pengalaman 24 tahun menekuni bisnis, tampaknya kemudahan memperoleh pinjaman atau penyertaan modal berbanding lurus dengan "network" dan "trust" atau kepercayaan. Selain juga kemampuan kita menyajikan proposal bisnis dan kemampuan memanage bisnis.


Network adalah keluasan relasi, yang sesungguhnya inilah modal utama seorang enterpreneur. Dari sinilah kita dapat ide bisnis, hubungan dengan berbagai sumberdaya yg kemudian kita manfaatkan dan juga modal. Sedangkan "trust" berkaitan dengan "track record" dan referensi. Bisa saja pemilik modal belum percaya dengan kita, tetapi ada orang lain yg percaya dengan kita dan dipercaya oleh pemilik modal. Orang tsb bersedia memberikan referensi tentang kita kepada pemilik modal.

Jangan kecil hati jika saat ini belum ada orang yang percaya dengan anda, karena "network" dan "trust" memang harus dibangun dan membutuhkan waktu. Bekerjalah terus dengan baik dan sungguh-sungguh, adopsi sifat nabi yang sidiq, amanah, tabligh dan fatonah.

Enterpreneur adalah orang yang dapat memanage semua sumberdaya yg ada disekitarnya, kemudian menjadikannya sesuatu yg produktif. Kemampuan memanage ini juga bertumbuh seiring waktu. Kalau saat ini baru ada orang yang percaya memberikan modal Rp 100 ribu, optimalkanlah itu. Yakini itulah pilihan terbaik yg diberikan Allah. Bersyukurlah karena sudah ada orang yang memberi kepercayaan. Hindari mengandalkan sesuatu yang tidak ada, apalagi sampai menyalahkan orang di sekitar kita. Justru bangunlah keyakinan orang terhadap kita.

Melalui KPMI mari kita bangun bersama network, trust dan kemampuan memanage. Kita dapat berharap dengan interaksi di KPMI, periode pembelajaran sebagai pengusaha dapat dipercepat, dibandingkan melakukannya sendiri.

Semoga satu saat anda justru akan kesulitan menolak banyaknya tawaran modal.

Wallahu'alam,
Wassalamu'alaikum
Nursyamsu Mahyuddin

Tambahan :

from: Ipan Pranashakti <ipanka@gmail.com> via yahoogroups.com
reply-to: pengusaha-muslim@yahoogroups.com

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Jika mau membangun usaha belum cukup modal uang, mungkin itu pertanda jika Anda harus membangun dari modal skill dahulu, agar dipercaya orang, memiliki skill untuk gabung dengan rencana usaha orang. Silaturahim bisa jadi sebagai salah satu solusinya.

Allah beserta persangkaan hamba kepadaNya.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar:

Posting Komentar