Rabu, 20 November 2013

Ringkasan Berita Sumsel 20 November 2013

1. Kota Palembang Dipenuhi Lampu Apel, Kaktus dan Labu
2. Durian Mulai Banjiri Empatlawang
3. Pemkot Prabumulih Akan Bangun Pasar Inpres Jadi Tiga Lantai


#1 - Kota Palembang Dipenuhi Lampu Apel, Kaktus dan Labu

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Guna lebih mempercantik jalanan Kota Palembang, DPJPP (Dinas Penerangan Jalan Pertamanan dan Pemakaman) Kota Palembang memasang lampu apel.

"Kita ada program memasang lampu hias apel ada 5 unit. Di depan Korem 2 titik. Satu titik di Simpang TAA arah Bandara, 1 depan kantor Pos Merdeka. 1 titik lagi di Simpang Jl Angkatan 45-Demang Lebar Daun," ungkap Kadis DPJPP (Dinas Penerangan Jalan Pertamanan dan Pemakaman) Kota Palembang Drs Alex Ferdinandus MSi melalui Kabid Pertamanan Ir Junaidi didampingi stafnya Heriyanto, Selasa (19/11/2013).

Menurut Junaidi, pemasangan lampu apel ini sepaket dengan lampu kaktus, labu di Simpang 5 Kampus arah Radial. Kemudian juga ada dua lampu Angso di air Kambang Iwak, lampu tirai empat unit yang membentang di Jl Merdeka, 14 unit lampu taman di Jl Soekarno Hatta.

"Pemasangan dilakukan sejak 2 bulan yang lalu. Ini sudah 90 persen. Bulan ini sudah harus terpasang. Manfaatnya untuk keindahan kota. Bisa dinikmati pada malam hari. Hiasan, ornamen pada median jalan. Sesuai dengan keinginan Pak Wali, kalau malam hari terang benderang dan indah," kata Junaidi.

Ke depan akan kita perbanyak karena masih ada wilayah, tempat-tempat umum, ruang terbuka umum yang akan ditambah lampu hias beragam jenis.

"Kalau ini lampu apple. Mungkin akan ada anggur, dan lain sebagainya," Kata Kabid Pertamanan DPJPP (Dinas Penerangan Jalan Pertamanan dan Pemakaman) Kota Palembang, Ir Junaidi.

DPJPP juga sekalian mempercantik median jalan dari Jl Kol H Barlian hingga median bandara SMB II.

#2 - Durian Mulai Banjiri Empatlawang

SRIPOKU.COM, TEBINGTINGGI - Meskipun belum memasuki puncak musim durian, buah berduri ini telah membanjiri Kabupaten Empatlawang. Bahkan sebagian besar, buah berisi daging lunak ini sudah mulai dijual ke luar Kabupaten Empatlawang.

Pengamatan Sripoku.com, sejumlah pengepul durian dalam wilayah Kabupaten Empatlawang khususnya Kecamatan Tebingtinggi, sudah dibanjiri buah musiman ini.

Tidak hanya pengepul, pedagang eceran juga mulai ramai menjajakan buah tersebut di pinggiran jalan.

Menurut sejumlah petani, memang kebanyakan buah tersebut dibawa ke luar Kabupaten Empatlawang yakni ke daerah pulau Jawa. Karena, harga jual lebih memungkinkan daripada diecerkan di Empatlawang.

"Harga jual di Empatlawang dengan pulau Jawa selisihnya lumayan besar, sehingga banyak pengepul yang membeli untuk mengisi ke Pulau Jawa. Mereka juga membeli dengan porsi besar, sehingga durian yang dibawa ke pengepul akan diborong," ungkap Mardi, salah seorang petani.

#3 - Pemkot Prabumulih Akan Bangun Pasar Inpres Jadi Tiga Lantai

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Kesan kumuh serta padat pedagang di Pasar Inpres kota Prabumulih tidak lama lagi akan segera hilang. Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih dalam waktu dekat akan melakukan renovasi dan membangun menjadi tiga tingkat pasar yang menjadi kebanggan masyarakat kota Seinggok Sepemunyian tersebut.

"Kita akan membangun pasar inpres menjadi tiga lantai, kita berharap dengan demikian para pedagang tidak akan lagi berjualan dengan memakan badan jalan serta kita berharap pasar akan menjadi bersih dan jauh dari kesan kumuh," ungkap Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM dalam sambutannya ketika menghadiri acara Pelantikan pengurus Badan Koordinasi Pemenangan Pemilu Partai Golkar DPD kota Prabumulih di Hotel Grand Nikita, Selasa (19/11/2013).

0 komentar:

Posting Komentar